Senin, 30 September 2013

Cat Air

SEKILAS TENTANG CAT AIR
Cat air atau populer juga dengan sebutan aquarel adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan. Meskipun medium permukaannya bisa bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula papyrus, kulit, kain, kayu, atau kanvas.
Secara umum, cat air digunakan karena sifat transparansinya. Gouache adalah medium pengencer air yang tidak transparan tetapi bersifat menutup.
Hasil karya lukisan cat air biasanya bersifat sangat ekspresif, atau sebaliknya sangat impresif, tergantung teknik yang digunakan.

Cat air dibuat dari pigmen halus atau serbuk warna (dye) yang dicampur dengan gum arabic sebagai bahan baku, serta gliserin atau madu untuk menambah kekentalan dan dayarekat pikmen warna ke permukaan.
Biasanya cat air digunakan dengan kuas lancip yang lembut bulunya dan air yang berlebih, tetapi bisa pula dicampurkan dengan material lain. Biasanya akrilik atau collage. Cat air dengan campuran air berlebih menghasilkan warna yang terang dan segar. Warna ini dihasilkan oleh cahaya yang mampu menembus lapisan cat yang transparan.
Warna putih biasanya dihasilkan dari bagian-bagian yang tidak diberi lapisan cat. Sangat jarang lukisan yang sengaja memberikan lapisan putih dari cat air.
Menggunakan cat warna butuh kesabaran yang tinggi. Teknik yang umum digunakan biasanya dihasilkan dari lapisan-lapisan yang saling ditimpakan setelah lapisan sebelumnya telah kering sehingga menghasilkan gradasi warna. Namun teknik lain wet-on-wet yang menimpakan warna di atas lapisan yang masih basah juga membutuhkan ketelitian tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal. Resiko lainnya adalah kertas menjadi melengkung atau robek jika terlalu banyak menggunakan air dan terlalu banyak gesekan kuas dengan permukaan kertas.

Ada dua type cat air yang beredar dipasaran, bentuk tube dan kering, pemakaiannya sama yaitu dengan menggunakan air sebagai bahan pengencernya. Melukis cat air tidak sama dengan melukis cat minyak, acrylic atau cat poster karena melukis cat air dibutuhkan kesabaran yang dinggi dalam kontrol terhadap goresan dan mengalirnya air. Efek yang ditimbulkan oleh air akan sangat menawan dan tidak dapat ditemui di media lain. Lazimnya melukis cat air itu meggunakan media kertas walau ada beberapa yang menggunakan kanvas atau media bahan lain sebagai medianya.

Perbedaan Cat Air, Cat Poster, Cat Akrilik dan Cat Minyak

Cat air
Cat air atau aquarel adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan.Bidang lukisan untuk melukis menggunakan cat air bisa bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula papyrus, plastik, kulit, kain, kayu, atau kanvas

Cat poster
Cat Poster juga berbahan dasar air, namun bedanya sifat cat ini lebih pekat (opaque). cat poster ada yang bisa dicampur air dan ada juga cat poster tidak perlu campur air.

Cat Akrilik
Cat akrilik adalah cat yang cepat kering yang mengandung suspensi pigmen dalam emulsi polimer akrilik. Cat akrilik adalah jenis cat yang bisa dicampurkan dengan air atau gel, dan memiliki sifat kaku. Cat akrilik bisa menjadi kedap air saat kering

at minyak
Cat minyak adalah cat yang terdiri atas partikel-partikel pigmen warna yang disuspensi dengan media minyak pengikat pigmen.


Tidak ada komentar: